Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Sulteng
Sabtu, 10 November 2012

Ajak Pelajar Ziarah Wisata di TMP

*Bagian untuk Menumbuhkan Nasionalisme Sejak Dini

PALU– Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, kunjungan ziarah ke Taman Makam Pahlawan menjadi satu agenda rutin yang tidak boleh ditinggalkan dalam peringatan Hari Pahlawan. Begitu pun pada rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun 2012 kali ini.
Selain mengagendakan ziarah TMP oleh Gubernur Sulteng beserta jajarannya pada hari puncak (hari ini.red), Dinas Sosial Sulteng selaku leading sector penyelenggara peringat Hari Pahlawan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, juga ikut mengikutsertakan para pelajar tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dari beberapa wilayah.
Ziarah wisata TMP oleh unsur pelajar ini, dimaksudkan menanamkan nilai-nilai kepahlawanan serta, untuk membangkitkan rasa nasionalisme sejak dini kepada para generasi muda. “Jangan sampai yang dia tahu itu Cuma Peterpan, dan dia tidak tahu siapa pahlawannya sehingga dia bisa bersekolah dengan nikmat di era sekarang ini,”ujar Nurjannah, Kepala Subdin II Dinas Sosial Sulteng selaku penanggungjawab pelaksana Hari Pahlawan, kemarin (9/11).
Kegiatan ziarah wisata ini, terus dilakukan mengingat tingkat nasionalisme yang dimiliki anak dan remaja dewasa ini, semakin tergerus zaman.
Dalam kegiatan yang akan dilaksanakan pada 14 November mendatang, beberapa sekolah di wilayah Kota Palu dan Kabupaten Sigi akan dilibatkan. Masing-masing sekolah akan diwakili sebanyak 25 orang, terdiri atas SDN Inpres Biromaru, SD Inpres Lolu, SD Inpres Kalukubula, SD Inpres 1 Kalukubula, SD Inpres 2 Kalukubula, MTs Alkhairat Biromaru, MTs Alkhairat Kalukubula, dan SMP Negeri Biromaru.
Tidak hanya pelaksanaan wisata TMP, rangkaian peringatan Hari Pahlawan tahun ini sebelumnya, juga diisi dengan kegiatan dialog interaktif tentang penanaman nilai-nilai kepahlawanan, Keperintisan, dan Perjuangan melalui siaran TVRI dan RRI. Dan hari ini, puncak peringatan Hari Pahlawan akan dilaksanakan, ditandai dengan upacara bendera yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, Drs H Longki Djanggola MSi.
“Diperkirakan undangan yang beredar sekitar 1.500 buah, belum lain-lainnya, jadi sekitar 1.700 peserta akan hadir dalam upacara besok (hari ini.red),”katanya. Usai upacara, Gubernur akan langsung mengunjungi Taman Makam Pahlawan Tatura Palu, untuk ziarah sebagai tanda penghargaan dan penghormatan atas jasa-jasa pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan.(nhr)
Edisi Radar Sulteng
  • Sabtu, 29 November 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.