Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Sulteng
Sabtu, 27 Oktober 2012

Dukung Penuh Perwajahan Baru Masjid Agung



PALU- Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Tengah, Dr H Mohsen MM menegaskan bahwa pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah optimistis dengan upaya mewujudkan perwajahan baru Masjid Agung Darrusalam Palu. Hal tersebut, ungkap Mohsen, sebagai mana ditunjukkan Gubernur Drs H Longki Djanggola MSi, saat meninjau langsung aktivitas renovasi gedung lantai dasar masjid kebanggaan masyarakat Sulteng ini.
"Beliau (gubernur.red) optimistis dengan apa yang dilakukan saat ini, serta mengimbau agar fokus dengan target-targetnya," kata Mohsen.
Beberapa target pengerjaan yang menurut Mohsen menjadi penekanan Gubernur antara lain pada beberapa pembangunan dan perbaikan fisik gedung. Pasca renovasi, yang menjadi perhatian selanjutnya adalah pemanfaatan dan pendayagunaan fasilitas.
Gubernur yang didampingi Wagub Sudarto ini, mengharapkan lantai dasar masjid bisa menjadi sarana pelayanan publik dengan sistem sewa. Artinya, kata Mohsen, pemanfaatannya juga bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. "Misalnya bisa untuk digunakan sebagai tempat menggelar pesta pernikahan, seminar keislaman dan lain-lain," tandasnya.
Tidak hanya perwajahan gedung, Gubernur menginginkan adanya perubahan total pada sisi luar masjid. Sebab performa luar juga menjadi satu poin utama. "Jadi nanti kita juga akan fokus pada pertamanannya, sebab nilai jualnya juga ada pada taman yang indah, lingkungan yang  bersih sehat, maupun amannya," tukas mantan kakanwil Ternate ini.
Sebagai cikal bakal berdirinya Islamic Center, Masjid Agung Darussalam akan menjadi basis keberadaan lembaga-lembaga Islam. Seperti halnya Badan Amil Zakat, Majelis Ulama, dan lembaga  Islam lainnya.
Namun, kata Mohsen, Gubernur pun memberi catatan bahwa rencana tersebut  harus didahului dengan perbaikan manajemen dan kepengurusannya. "Manajemen yang akan diperbaiki dulu," ujar Mohsen.
Satu hal yang menggembirakan dari apa yang disampaikan Gubernur bagi Mohsen adalah ketersediaan pemerintah daerah untuk mendukung penyediaan dana. Sehingga apa yang menjadi harapan dari program bersama pemerintah daerah, Kementerian Agama, serta adanya dukungan dari tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki kepedulian ini bisa berjalan baik dan terwujud dengan segera.
"Saya kira memang harus begitu, kita harus ubah perwajahannya,masjid agung ini boleh dibilang masjid tingkat provinsi, karena ini kan menggambarkan Sulawesi Tengah, kita akan upayakan sebaik mungkin," pungkasnya. (nhr)
Edisi Radar Sulteng
  • Sabtu, 19 April 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.