Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Sulteng
Rabu, 23 Mei 2012

Pertahankan Predikat sebagai Daerah Aman



KAPOLDA Sulteng, Brigjen Dewa Parsana, meminta seluruh kepada elemen masyarakat tetap menjaga dan mempertahankan predikat Kabupaten Tolitoli sebagai daerah teraman di Sulteng. Untuk itu, ia berharap kepada forum Bankamdes maupun Satgas Bankamdes, dapat memaksimalkan fungsi dan peranannya.
Hal itu diungkapkan Kapolda Sulteng, saat melakukan kunjungan ke Tolitoli untuk meresmikan sejumlah fasilitas kantor Polres seperti bangunan baru Satres Narkoba, sarana parkir mobil patroli, ruang penyimpanan barang bukti  sekaligus mengukuhkan seluruh pengurus kecamatan forum Bankamdes maupun satgas Bankamdes se- Kabupaten Tolitoli.
“Predikat kabupaten teraman mesti dipertahankan. Kami meminta dukungan masyarakat khususnya Bankamdes, tokoh masyarakat, agama, adat, pemuda serta elemen masyarakat Tolitoli untuk bersama dan selalu tetap menjaga suasana aman yang telah disandang daerah ini,” kata Kapolda kepada sejumlah wartawan usai melaksanakan kegiatan seremoni.
Kapolda juga berharap kepada Satgas Bankamdes, agar dapat menjadi ujung tombak masalah keamanan pada tingkat desa. Satgas sangat diharapkan dapat mempertebal perannya dalam menyelesaikan dan memecahkan, serta mencarikan solusi atas setiap masalah. Terlebih lagi mampu meredam potensi terjadinya konflik horizontal antar masyarakat. 
Selain Kapolda, Dandim 1305 Tolitoli Letkol TSP Silaban juga menyampaikan pesannya. Selain peran Bankamdes dapat dimaksimalkan, ia juga meminta agar budaya menciptakan rasa aman di tengah masyarakat, tumbuh dari kesadaran masyarakat, bukan karena dimotivasi oleh aparat terkait  maupun pemkab.
“Kesadaran masyarakat dalam menciptakan inisiatif guna menjaga linkungannya agar aman sepertinya sudah mulai pudar. Tidak seperti waktu dulu, dimana masyarakat sendiri yang berinisiatif menciptakan Siskamling. Olehnya, mulai sekarang, kami berharap kesadaran muncul atas inisiatif masyarakat. Sebab menciptakan rasa aman bukan saja semata-mata menjadi tugas aparat kepolisian,” ujar Silaban.
Pada kesempatan tersebut, kapolda juga menyerahkan 10 unit motor jenis trail untuk digunakan sebagai kenderaan operasional yang diharapkan dapat mendukung kegiatan dalam upaya menciptakan situasi Kamtibmas di tingkat kecamatan khususnya desa.
Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya, pada kesempatan tersebut mengatakan, pihaknya sangat merespons dan menyukuri atas apa yang telah dilakukan aparat kepolisian, terlebih keseriusan Polres Tolitoli yang terus menjaga  eksitensi forum Bankamdes maupun satgas Bankamdes di daerah tersebut. (yus)      
 
 
Edisi Radar Sulteng
  • Minggu, 20 April 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.