Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Daerah
Sabtu, 16 Maret 2013

Puluhan Ribu Warga Hadiri Deklarasi Sabar

** Didukung Enam Parpol yang Miliki 17 Kursi di DPRD Parimo

PARIMO - Puluhan ribu warga membanjiri acara deklarasi pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong (Parimo) periode 2013-2018, Samsurizal Tombolotutu-Badrun Nggai (Sabar) di alun-alun depan Kantor Bupati Parimo, Jumat (15/3) sore kemarin. Pasangan ini didukung oleh enam partai pengusung dengan jumlah 17 kursi di DPRD Parimo yakni Partai Demokrat lima kursi, Gerindra tiga kursi, Hanura tiga kursi, PKB dua kursi, PDIP dua kursi dan PKPB satu kursi. Jumlah 17 kursi tersebut telah jauh melampaui syarat minimal enam kursi  untuk pasangan calon.  
Dalam perjalanannya menuju tempat acara, pasangan Sabar diarak keliling Kota Parigi menggunakan mobil  jeep terbuka  yang dikawal puluhan motor ojek dan dokar. Tiba di tempat acara, Samsurizal yang didampingi istri tercinta Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu  dan Badrun Nggai yang juga didampingi sang istri, Dra Derry Djanggola langsung  dielu-elukan puluhan ribu pendukungnyan yang sudah menunggu di alun-alun.  Acara deklarasi itu diawali dengan penandatangan pakta integritas oleh Ketua dan Sekretaris Partai Pengusung  yang juga ditandatangani oleh pasangan Sabar.  Penandatanganan pakta integritas itu juga disaksikan oleh tim sukses  pada para tokoh masyarakat.
Dalam orasi politiknya, Samsurizal mengungkapkan visi yang akan dilaksanakannya selama  tahun kedepan  jika terpilih sebagai Bupati Parimo yakni Melanjutkan Terwujudnya Kabupaten Parigi Moutong Terdepan Dengan Kualitas Sumber Daya Manusia di Sulawesi Tengah tahun 2020.Untuk mewujudkan visi tersebut Samsurizal bersama Badrun telah menetapkan tujuh misi antara lain diantaranya menciptakan pemerintahan yang bersih,  peningkatan SDM, penegakan supremasi hukum serta misi di bidang kesehatan.Untuk menciptakan pemerintahan yang bersih, Samsurizal mengaku melaksanakankan diantaranya dengan tidak memberi ruang kepada pejabat pemerintah untuk melakukan pungutan seperti pungutan terhadap pegawai honor. Di bidang peningkatan SDM dibuktikan dengan keberhasilan Pemkab Parimo memperoleh dana bantuan pemerintah pusat di bidang pendidikan tahun 2012 yang merupakan yang terbesar di Seluruh Indonesia melalui dana DAK. Sedangkan di bidang kesehatan, Samsurizal juga mengklaim banyaknya bantuan hasil lobinya dari Pemerintah Pusat diantaranya untuk pembangunan rumah sakit umum di Tinombo, pembangunan IGD rumah sakit Anuntaloko Parigi dan tahun ini dupayakan untuk pembangunan rumah sakit di Moutong.
“Saya berlatar belakang militer tentunya akan menjaga wilayah Kabupaten Parigi Moutong tetap aman dan damai tanpa membeda-bedakan latar belakang etnis dan agama. Mari kita bangun daerah ini agar menjadi yang terdepan di Sulawesi Tengah dalam suasana yang aman dan damai,”ujar Samsurizal.
Samsurizal juga mengatakan,  sengaja Dia memilih Badrun Nggai yang berlatar belakang sarjana ekonomi sebagai pasangan dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan di Parimo melalui berbagai upaya peningkatan ekonomi kerakyatan diantaranya melalui pengembangan industri kecil dan menengah.  Sementara itu Badrun dalam orasinya  menyatakan siap mendampingi Samsurizal dalam membangun Parimo khususnya sesuai tupoksinya yakni melakukan pengawasan dan peningkatan ekonomi kerakyatan yang disiplin ilmunya. Acara deklarasi itu semakin meriah karena dihibur oleh dua artis ibukota Jakarta dan penampilan tarian kolaborsi mewaliki seluruh etnis  yang ada di Parimo yakni etnis Kaili, Lauje, Bugis, Toraja, Gorontalo, Minahasa, Bali, Jawa dan beberapa etnis lainya. Juga ditampilkan tarian tradisional etnis Jawa.
LANGSUNG DAFTAR KE KPUD
Setelah  acara deklarasi pasangan Sabar yang didampingi oleh pimpinan parpol pengusung mendaftarkan diri di KPUD  Parimo. Rombongan Sabar tersebut langsung diterima oleh Ketua KPUD Parimo, Rizal Ssos bersama jajarannya. Pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati tersebut ditandai dengan penyerahan dokumen kandidat oleh Ketua Tim Koalisi Parpol, Rahman P Ondo.
Ketua KPUD Parimo Rizal menyampaikan beberapa hal terkait dengan kelengkapan dokumen tersebut diantaranya soal laporan kekayaan kandidat yang harus dilaporkan ke KPK, pemeriksaan kesehatan di RSU Undata Palu serta beberapa penjelasan lainnya.(aji)
Edisi Radar Sulteng
  • Jumat, 28 November 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.