Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Politika
Kamis, 1 Agustus 2013

Masyarakat Diimbau Turut Awasi Bacaleg



PALU- Jumlah kursi DPR RI, jumlah daerah pemilihan, dan alokasi kursi di setiap daerah pemilihan telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Pada pasal 21 disebutkan, bahwa jumlah kursi DPR RI dari hasil Pemilu 2014 ditetapkan sebanyak 560. Jumlah kursi DPR sebanyak 560 itu, telah terbagi dan akan diperebutkan di 77 daerah pemilihan (Dapil) termasuk daerah pemilihan Sulawesi Tengah.
Ketua KPU Sulteng, Sahran Raden, mengungkapkan, Sulteng termasuk dapil sendiri, daerah pemilihannya terdiri dari 11 kabupaten dan satu kota. Yakni Kabupaten Donggala, Sigi, Parigi Moutong, Poso, Tolitoli, Buol, Tojo Unauna, Morowali, Banggai, Banggai Kepulauan dan Kota Palu. Jumlah kursi yang akan diperebutkan caleg DPR RI sebanyak 6 kursi dari Dapil Sulteng.
“Calon DPR RI berjumlah 72 orang yang akan bertarung memperebutkan 6 kursi untuk Dapil Sulteng ,”ungkapnya.
Lain halnya dengan calon DPD RI dapil Sulteng kata Sahran, jumlah kursi yang akan diperebutkan sebanyak 4 kursi, sedangkan yang akan bertarung tidak lebih dari 31 calon DPD RI.
“31 calon DPD akan bertarung memperebutkan 4 kursi di dapil Sulteng,”tuturnya.
Ditanya soal penyerahan harta kekayaan masing-masing kandidat calon DPD maupun DPR RI, Sahran menjawab sesuai aturannya, bakal calon anggota DPD dan DPR RI tidak mencantumkan harta kekayaannya.
“Memang tidak diatur dalam PKPU, tapi masyarakat harus memantau. Balon DPD RI misalnya akan melaporkan harta kekayaannya kalau sudah terpilih nantinya,”tuturnya.
KPU Sulteng setelah lebaran Idul Fitri, akan menyosialisasikan PKPU Nomor 1 dan UU Nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu yang di dalamnya mengatur tentang dana kampanye. Pihaknya juga akan menunggu aturan yang mengatur tentang keuangan bakal calon.
“Kalau untuk laporan kontribusi Bacaleg ke partai politik memang ada. Tapi nanti sudah ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT), baru bisa diketahui berapa kontribusinya. Dalam aturan caleg, tidak bisa kontribusi ke partai Rp1 miliar,”ungkap ketua KPU Sulteng. (pay)     
   
 
Edisi Radar Sulteng
  • Sabtu, 1 November 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.