Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Politika
Senin, 28 Januari 2013

Hari Ini Calon Panwascam Yang Lolos Seleksi Tertulis Diumumkan



PARIMO- Calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang dinyatakan lolos pada tes tertulis akan diumumkan pada Senin (28/1) hari ini. Sebelumnya para calon Panwascam yang jumlahnya sebanyak 189 orang dari 22 kecamatan di wilayah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) tersebut telah mengikuti tes tertulis yangdilaksanakan di aula Kantor Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Parimo, Sabtu (26/1). Tes tertulis tersebut mendapat pengawasan langsung dari Ketua Bawaslu Sulteng, Ratna Dewi Pettalolo, SH, MH.
Ketua Panwaslu Parimo, Ikbal Bungaadjim,SPd, MSi mengatakan, pelaksanaan tes tertulis tersebut merupakan kegiatan Banwaslu Sulteng. Panwaslu Parimo katanya hanya menyiapkan tempat untuk pelaksanaan tes tertulis.Ikbal menambahkan, dari 189 peserta yang telah mengkuti seleksi itu nantinya akan terpilih hanya 66 orang yang akan bertugas di 22 kecamatan yang masing-masing kecamatan beranggotakan tiga orang.
Sementara Ketua Bawaslu Sulteng, Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, monitoring langsung yang dilakukannya terkait kepentingan dalam sebuah pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah sangat besar, serta berbeda dengan Pemilu legislatif dan pemilihan presiden.
Menurutnya pengawas pemilu di tingkat kabupaten dan di tingkat kecamatan harus benar-benar diseleksi melalui proses yang profesional, dengan acuan Undang-Undang Nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu dan Peraturan Bawaslu Nomor 10 tahun 2012.
Ratna Dewi juga mengatakan, dipastikannya proses seleksi telah berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku, guna mengantisipasi adanya ketidak kepercayaan masyarakat terhadap lembaga, karena pengawas pemilu dapat bekerja dengan baik, jika masyarakat masih memberikan kepercayaan dan mau bekerjsama.
Dia berharap, tahapan seleksi itu dapat dikawal oleh masyarakat Kabupaten Parimo, karena pihaknya telah menginstruksikan seluruh tahapan dilakukan secara transparan. Setelah dinyatakan lolos tes tertulis, para peserta selanjutnya akan menjalani seleksi melalui wawancara.(aji)
Edisi Radar Sulteng
  • Jumat, 19 September 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.