Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Politika
Kamis, 26 Desember 2013

Ketua Komisi I Soroti Penertiban PKL

Yang Berjualan di Jalan Kacang Panjang/

PALU – Ketua Komisi I DPRD Palu Danawaira Asri berharap ada komunikasi yang baik antara Satpol PP dan PKL yang berjualan di Jalan Kancang Panjang Palu Barat.
“Pol PP bertugas untuk menertibkan masyarakat. Namun di satu sisi keberadaan PKL di luar Pasar Inpres Manonda khususnya di Jalan Kacang Panjang untuk mencari nafkah,” katanya.
Menurut Danawira penertiban terhadap PKL yang ada di Jalan Kacang Panjang tidak perlu berlebihan. “Saya sayangkan penertiban PKL di Jalan Kacang Panjang yang dilakukan pada Rabu (25/12),” kata Danawira di Pasar Sentral Manonda.
Ketua DPD PAN Kota Palu ini menyatakan, untuk menerakpkan kebijakan memasukan pedagang ke lokasi Pasar harus dilakukan secara pelan.
“Para PKL ini tidak ingin membangkang. Persoalannya pasca pembongkaran di dalam pasar, mereka tidak mendapatkan tempat,” tukasnya.
Sejumlah PKL yang berjualan di Sekitar Jalan Bayam ini kemarin memang mengeluhkan langkah penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP. Kepada Anggota DPRD asal Daerah Pemilihan Palu Barat ini, saat penertiban barang-barang daganan  mereka dilempar-lempar oleh petugas.
“Saya harap penertiban kedepan tidak boleh seperti itu apalagi mereka yang berjualan di Jalan Kacang Panjang rutin membayar retribusi,” tukasnya.
Malahan kata Danawira dari pengakuan pedagang penertiban tersebut tidak berlangsung merata. “Ada PKL yang jualannya tetap dibiarkan  saat penertiban,” katanya.
Lebih lanjut mengatakan, Pemkot perlu memikirkan pembuatan pasar subuh yang berlokasi di Terminal Manonda. “Ini perlu dilakukan agar mereka bisa aman berjualan tanpa khawatir untuk ditertibkan,” paparnya.
Pasar subuh itu ujarnya  beroperasi sampai jam tujuh pagi setelah tidak ada aktivitas berjualan di lokasi Terminal Manonda.
Menurut Danawira dia akan berbicara dengan pemkot supaya ada titik temu antara keinginan pedagang dengan Pemkot.
“Selaku ketua Asosisasi Pedagang Kaki Lima saya berhak memberikan proteksi kepada para pedagang,” pungkasnya.(zai)
Edisi Radar Sulteng
  • Minggu, 23 November 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.