Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Palu Kota Teluk
Selasa, 27 Agustus 2013

Gelar TTG dan Produk Unggulan 2013 Segera Digelar



PALU - Tahun ini, pemerintah daerah Kota Palu kembali menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan produk unggulan, yang pada tahun ini iven tahunan keempat. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Palu, Sudharyano LamangkonaSsos MSi, ditemui Senin kemarin (26/8) mengungkapkan saat ini seluruh persiapan jelang pelaksanaan Hari H  gelar TTG ini terus dirampungkan.
“Saat ini sudah sekitar 90 persen, kami akan melakukan rapat koordinasi kembali untuk finalnya, dan rencananya pada 28 nanti, stand-stand sudah akan kami dirikan,”ujar Sudharyano, yang juga mantan Kadis Pariwisata Kota Palu ini.
Gelar TTG dan Produk unggulan kali ini, menurut rencana sebagaimana penegasan Sudharyano, akan dibuka langsung oleh Walikota Palu Rusdy Mastura. Dimana akan dilangsungkan selama tiga hari pelaksanaan, dimulai 30 Agustus hingga 1 September 2013. Sebagaimana peruntukkannya gelar TTG ini akan diikuti oleh seluruh kelurahan yang ada di Kota Palu, dan sekaligus akan dilombakan. Sejauh ini pihaknya pun sudah menerima laporan terkait partisipasi peserta.
“Insya Allah 45 kelurahan menyampaikan kesiapannya, dimana sedianya kegiatan ini kan juga sebenarnya dilaksanakan 21-23 Agustus tapi karena bertepatan dengan kegiatan lain jadi kami mundur, jadi pada prinsipnya keluarahan telah siap, “tandasnya.
Dukungan terhadap kesiapan kelurahan pun disokong dengan bantuan dana untuk memfasilitasi pembiayaan stand dan dekorasinya. Setiap kelurahan mendapat alokasi sebesar Rp600 ribu. Sehingga dengan adanya dukungan tambahan dari pemkot ini, partisipasi masyarakat yang akan dipimpin langsung oleh masing-masing kelurahan dapat lebih optimal. Apalagi, iven TTG dan produk unggulan ini memiliki manfaat strategis.
“Ini menjadi tempat untuk mengekspose keungulan-keunggulan masyarakat khusunya dari aspek kreatifnya, sehingga bisa menciptakan produk teknologi tepat guna dan kemudian bisa berguna untuk masyarakat secara umum,”tegas Sudharyano.
Harapan lain, tambahnya, jika dari iven ini juga akan membuka kesempatan terjadinya transaksi-transaksi ekonomi. Hal tersebut nantinya akan mengindikasikan bahwa produk yang dihasilkan oleh masyarakat juga sekaligus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.
Gelar TTG dan produk unggulan yang akan dipusatkan di Lapangan Vatulemo Kota Palu ini, akan menghadirkan produk-produk teknologi dan unggulan masyarakat Kota Palu. Seluruh produk akan dinilai berdasarkan aspek inovasi, produktivitas, ramah lingkungan dan sederhana, mudah digunakan kalangan umum, bernilai jual dan dapat dikomersilkan, serta berbasis potensi lokal.
Pemenang dari TTG tingkat Kota Palu ini akan mewakili Sulawesi Tengah untuk mengikuti gelar TTG dan produk unggulan di Padang, Sumatra Barat. (nhr)
Edisi Radar Sulteng
  • Sabtu, 1 November 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.