Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Palu Kota Teluk
Selasa, 18 Juni 2013

STMIK Adhi Guna Palu Sosialisasikan E-Learning



UPAYA peningkatan mutu, yang dilaksanakan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) Adhi Guna, mendapat apresiasi dari Ketua STMIK Adhi Guna Palu, H Syamsuddin HM SE MSi.
Salah satu gebrakan yang dilakukan oleh LPM STMIK Adhi Guna, adalah program pembelajaran jarak jauh berbasis IT atau E-Learning. Program tersebut, disosialisasikan Senin kemarin (17/6), dan diikuti 350-an peserta yang merupakan dosen dan mahasiswa STMIK Adhi Guna Palu.
“Saya salut dengan terobosan yang dilakukan LPM STMIK Adhi Guna. Terutama program E-Learning ini, yang merupakan metode pembelajaran jarak jauh berbasis IT,”kata Syamsuddin, yang membuka kegiatan dan turut mengikuti sosialisasi hingga selesai.
Katanya, program E-Learning, adalah hasil inovasi murni civitas akademika sekolah tinggi yang dipimpinnya. Kata Syamsuddin, program yang disosialisasikan kemarin, sebelumnya tidak pernah dibayangkan. Olehnya, atas hasil karya tersebut, Syamsuddin, memberikan penghargaannya kepada seluruh kalangan civitas akademika, yang loyal dalam pengembangan STMIK Adhi Guna.
Syamsuddin, juga mengatakan bahwa STMIK Adhi Guna saat ini terus berinovasi. Sebelumnya civitas sekolah tinggi yang beralamat di Jalan Undata ini, telah membuat layanan informasi (kiosk). Layanan tersebut kata Syamsuddin, mahasiswa yang ingin mengetahui nilai atau layanan lainnya, dapat memanfaatkan kartu mahasiswa dan bisa melakukan akses informasi, baik nilai, SOP, dosen wali, kurikulum, kalender akademik dan lain sebagainya.
“Alhamdulillah, mahasiswa STMIK Adhi Guna, baru-baru ini juga pulang dari kegiatan pelatihan TIK bagi siswa-siswi SMAN Ulu Bungka Kecamatan Morowo Kabupaten Tojo Unauna. Kemudian dilanjutkan pelatihan robotika ke salah satu SMA di Kabupaten Poso oleh Tim Robotika Adhi guna,”katanya.
Kata Syamsuddin, bahwa sesuai dengan visi dan misi, sudah sepatutnya STMIK Adhi Guna, terus berkreasi dengan melakukan pengembangan. Baik pembelajaran maupun layanan, sehingga menjadi perguruan tinggi yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia pada umumnya dan Indonesia Kawasan Timur pada khususnya.
“Beberapa waktu yang lalu, kami mengikutkan dosen STMIK Adhi Guna, yakni ketua LPM Sukardi, SKom, mengikuti kegiatan berskala internasional, yakni Open Course Ware Consortium (OCWC) yakni organisasi nirlaba yang terdiri dari perguruan tinggi terkemuka yang mempublikasikan materi pembelajaran, berupa rencana pembelajaran dan bahan evaluasi melalui internet. Materi yang dikelola OCWC bebas diakses oleh siapapun, kapanpun melalui media internet,”kata Syamsuddin.
Ketua Panitia sosialisasi, Rahmiwati Habibu, SE, MM, mengatakan melalui kegiatan sosialisasi kemarin, baik dosen maupun mahasiswa, bisa melakukan aktivitas forum diskusi umum, forum diskusi mata kuliah, presentasi kuliah online, unduh materi kuliah, ujian online, chat bagi mahasiswa dengan fasilitas E-Learning.
Menurut Rahmiwati, pemateri sosialisasi e-learning, dilakukan oleh tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STMIK Adhi Guna, yakni Sukardi, SKom, Zaenal Arifin, SKom dan Muh Taufan SKom.
Ketua LPM STMIK Adhi Guna, Sukardi, S.Kom bahwa dengan sosialisasi diharapkan dosen dan mahasiswa bisa melakukan aktivitas proses belajar mengajar secara on line. Lanjutnya, semester depan scele sudah bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa, shingga makin mempermudah dan membiasakan menggunakan scele.(hnf)
Edisi Radar Sulteng
  • Kamis, 30 Oktober 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.