Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Palu Kota Teluk
Sabtu, 22 Desember 2012

Sulteng Prioritas Pertama Operasi Lilin

Apel Gelar Pasukan Dipimpin Gubernur

PALU – Gubernur Longki Djanggola memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2012 di halaman kantor Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Jalan Sam Ratulangi.  Apel ini guna menunjukkan kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 di Sulawesi Tengah.
Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sulteng membacakan amanat Kapolri, Jendral Polisi Timur Pradopo.  Longki mengatakan, bahwa Polri sebagai institusi yang dipercaya menyelenggarakan keamanan, dituntut mampu melakukan manajemen keamanan secara sistemik, terpadu dan komprehensif melalui pelibatan seluruh komponen serta stakeholder lainnya.
“Sehingga dua agenda penting hari besar keagamaan bagi umat Kristiani dan perayaan Tahun Baru 2013 dapat berlangsung secara tertib, lancar dan aman,” ucap Gubernur dihadapan sejumlah peserta apel, dari TNI Polri dan instansi terkait lainnya.
Masih dikatakan Gubernur, apel gelar pasukan dilaksanakan sebagai upaya untuk pengecekan akhir terhadap pelibatan kekuatan, kelengkapan sarana prasarana pendukung. Serta rencana tindakan yang tepat didasarkan pada analisis dan inventarisasi hakekat ancaman yang valid dan up to date, sehingga semua tahapan penyelenggaraan pengamanan Natal dan Tahun Baru tersebut dapat terselenggara dengan baik sesuai harapan.
Pelaksanaan Operasi Lilin 2012 sendiri akan digelar selama 10 hari, mulai tanggal 23 Desember 2012 sampai dengan 1 Januari 2013. Dalam Operasi Lilin tahun ini, Provinsi Sulawesi Tengah masuk sebagai daerah prioritas pertama pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, bersama 13 provinsi lainnya.
Terpisah Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Soemarno mengungkapkan, personel Polda Sulteng yang disiapkan seluruhnya berjumlah sekitar 1.500 an orang, terdiri dari berbagai fungsi, seperti Sabhara, Brimob, Lalulintas serta Polair.
“Ini belum ditambah jumlah personel dari Polres jajaran.  Yang jelas seluruh Polres telah menyiapkan kekuatan masing-masing dua pertiga  per kekuatan,” terang Soemarno. (agg)
Edisi Radar Sulteng
  • Sabtu, 25 Oktober 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.