Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Palu Kota Teluk
Kamis, 20 Desember 2012

PPID Buka Website untuk Informasi Publik



PALU- Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkup Pemkot Palu, terus mengoptimalkan peran dan fungsinya sebagai wadah informasi terbuka yang dapat diakses oleh publik.
PPID yang baru dibentuk pada lingkungan Sekretariat Pemkot Palu ini merupakan pilot project bagi SKPD lain untuk segera membentuk PPID sebagai amanat Undang-Undang nomor 14 Tahun 2008 Tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, serta Peraturan Pemerintah nomor 61 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan UU nomor 14 Tahun 2008.
Meski belum memiliki ruang informasi publik yang dapat dipergunakan oleh masyarakat, namun PPID Pemkot Palu telah memiliki website khusus yang bisa diakses oleh masyarakat.
Menurut Kasubag Dokumentasi dan Publikasi Sekretariat Pemkot Palu, Akram SSos MSi, PPID selama ini sudah menjalankan fungsinya meski masih dalam keterbatasan fasilitas yang dimiliki.
“Informasi tentang program pembangunan maupun produk perda yang dihasilkan oleh Pemkot Palu dapat diakses oleh masyarakat melalui website PPID. Saat ini semua informasi dari masing-masing bagian lingkup sekretariat Pemkot sudah bisa diakses oleh masyarakat luas,” ujarnya.
Akram, mengatakan dalam memberikan informasi PPID melakukannya dengan beberapa metode seperti informasi yang diberikan secara serta merta, atau dikecualikan. Baik menyediakan maupun memberikan informasi PPID melaksanakan sesuai standar operasional Prosedur (SOP) yang antara lain mengatur tentang ketentuan pemohon informasi  yang telah memenuhi persyaratan, yang dapat mengajukan permintaan informasi dan dokumentasi melalui desk layanan informasiatau akses PPID.
Lanjut Akram, permintaan informasi maupun dokumentasi dapat disampaikan secara langsung maupun melalui surat elektronik.Setiap permohonan informasi juga akan diberikan sebuah nomor registrasi sebagai upaya penertiban administrasi, maupun pertanggung jawaban penyelenggaraan Desk Layanan Informasi.
Layanan informasi akan dilakukan melalui pengumuman dan melalui prosedur permintaan atau permohonan informasidan pemohon informasi akan dilayani oleh Desk Layanan Informasi yang telah dibentuk oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, serta berada di lingkungan Kantor Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Palu.
Sedangkan mekanisme pemberian informasi menurutnya si pemohon informasi diwajibkan untuk mengisi formulir permintaan informasi, yang formatnya telah disediakan oleh petugas front office, dengan melampirkan fotocopy KTP.Petugas front office akan memberikan nomor registrasi kepada pemohon pada saat permintaan informasi telah diterima oleh petugas pelaksana Desk layanan Informasi. Petugas Supervisor akan memproses permintaan pemohon informasi sesuai dengan klasifikasi/cluster informasi yang diinginkan oleh pemohon,
“Semua informasi yang berkenaan dengan penggunaan anggaran APBD dan APBN yang digunakan sebagai anggaran pembangunan dapat diakses melalui website PPID. Meski demikian SOP pun mengatur tentang informasi yang tidak dapat diberikan sepenuhnya ke publik. Misalnya yang  dapat membahayakan daerah atau negara atau tentang hak asasi manusia. 2013 mendatang PPID akan lebih maksimal lagi dalam memberikan layanan informasi terbuka kepada publik,” tandasnya.(ima)
Edisi Radar Sulteng
  • Rabu, 16 April 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.