Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Utama
Jumat, 16 Agustus 2013

Kasman Lassa Tidak Bersalah

** Pada Kasus Dugaan Korupsi Gedung Wanita

SOSOK PEMIMPIN : Calon Bupati Donggala Kasman Lassa bersama Calon Wakil Bupati Donggala Vera Elena Laruni di Sekretariat pemenangan pasangan Kave, tadi malam.FERY EL SHIRINJA
PALU – Mahkamah Agung (MA) menguatkan vonis bebas PN Palu, terhadap Drs Kasman Lassa SH yang didakwa dugaan korupsi pembangunan Gedung Wanita tahun 2010 senilai Rp2,9 miliar lebih. Dengan demikian, Kasman Lassa dinyatakan tidak bersalah.
Vonis bebas terhadap Kasman Lassa yang kini menjadi Calon Bupati Donggala Periode 2013-2018 itu, tertuang dalam salinan putusan MA nomor 2298K/Pid.Sus/2012 tertanggal 31 Juli 2013. Akta Putusan MA terkait vonis tidak bersalah itu, diterima oleh Kasman Lassa dan penasehat hukumnya, Kamis (15/8) kemarin, dari PN Palu dengan nomor 02/Akta.Pid.Sus/2012/PN.PALU yang ditandatangani oleh jurusita PN Palu Abdul Gafar Salam SH, Jaksa Penuntut Umum Misniwati SH, dan Kasman Lassa selaku terdakwa.
Perkara kasasi yang membebaskan Kasman Lassa ini, diputuskan pada hari Rabu 22 Mei 2013 oleh tiga Hakim Agung, masing-masing Ketua Majelis Hakim, Dr Artidjo Alkostar SH LLM dan hakim anggota masing-masing Prof Dr Mohamad Askin SH dan MS Lumme SH, yang dibantu oleh penitera pengganti atas nama Emilia Djajasubagia SH MH.
Majelis Hakim menyatakan Kasman Lassa tidak melakukan tindak pidana korupsi dan dibebaskan dari segala tuntutan hukum serta dipulihkan nama baiknya dalam kemampuan, kedudukan dan harkat serta martabatnya. Bebasnya Kasman Lassa mementahkan semua tuduhan dan isu sesat serta spekulasi, yang selama ini menyatakan bahwa kandidat nomor urut 4 ini, divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA).
Saat berbincang dengan Radar Sulteng, di Sekretariat pasangan Kave, tadi malam (15/8) Kasman mengaku bersyukur. Dengan begitu, dirinya tidak lagi terbebani dengan isu sesat yang dihembuskan oleh lawan politiknya selama ini. “Ini adalah kebebasan rakyat Donggala,” ujar Kasman singkat.
Sementara salah seorang penasehat hukum Kasman Lassa dari kantor advokat Abdurahmam Kasim SH, Agus Darwis SH mengatakan, vonis bebas itu telah memberikan rasa keadilan, karena memang kliennya, tidak pernah melakukan semua tuduhan tindak pidana korupsi pembangunan Gedung Wanita. “Klien kami hanya melakukan kesalahan administrasi, bukan tindak pidana, sejak awal kami yakin tidak bersalah,” jelas Agus. Dia berharap, dengan keputusan ini, nama baik Kasman Lassa dipulihkan.
Yang paling bahagia atas putusan bebas Kasman Lassa adalah Vera Elena Laruni. Calon Wakil Bupati yang berpasangan dengan Kasman Lassa ini, mengaku sangat senang, karena calon Bupati Kasman Lassa telah mendapat keadilan dan kepastian hukum. Dia mengaku sejak awal telah yakin, bahwa sosok pemimpin berhati mulia seperti Kasman Lassa tidak mungkin melakukan kejahatan korupsi. “Sejak awal saya yakin pak Kasman pasti bebas dan hari ini (tadi malam,red) terbukti bahwa tidak bersalah, setelah kami menerima salinan putusan MA,”  jelas Vera.
Sebagai bentuk rasa syukur, pasangan Kave, tadi malam (15/8) menggelar syukuran di sekretariat pemenangan pasangan Kave di jalan Setia budi Palu. Acara itu dihadiri oleh seluruh tim Kave, serta para pendukung kandidat dari jalur perseorangan ini.
Kata Vera, dirinya bersama Kasman Lassa, akan terus berjuang untuk melakukan yang terbaik bagi Kabupaten Donggala dan bagi rakyat Donggala. Dia juga akan memberitahukan kabar gembira bebasnya Kasman Lassa ini, kepada seluruh masyarakat Kabupaten Donggala, agar tidak segan memilih pasangan Kave, karena Kasman Lassa adalah pemimpin yang tepat bagi rakyat Donggala. “Kave adalah suara rakyat, vonis tidak bersalah atas pak Kasman Lassa ini adalah kemenangan rakyat Donggala,” jelasnya.
Vera juga berjanji akan memperjuangkan harkat dan martabat kaum perempuan, juga hak-hak anak, jika diberikan kepercayaan oleh rakyat Donggala untuk memimpin Donggala lima tahun kedepan bersama Kasman Lassa. “Kami mewakili kaum perempuan Donggala untuk melakukan yang terbaik bagi rakyat Donggala,” tandasnya.(fer)
Edisi Radar Sulteng
  • Kamis, 24 Juli 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.