Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Utama
Selasa, 30 Juli 2013

Palu tak Dapat Jatah CPNS Umum



PALU - Pemerintah Kota (Pemkot) Palu pada tahun 2013 ini, hampir dipastikan tidak akan melaksanakan penerimaan CPNS untuk formasi umum. Dari 500 tenaga yang diusulkan untuk formasi umum, tidak satupun jatah diberikan untuk Pemkot Palu. Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palu, Moh Rifani Pakamundi SSos MSi, setelah BKD menerima jawaban Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  terhadap usulan formasi umum yang disampaikan beberapa waktu lalu.
Kata dia, KemenPan RB menolak usulan CPNS formasi umum yang disampaikan Pemkot Palu dengan beberapa alasan. Antara lain, jumlah tenaga honorer kategori dua (K2) yang ada saat ini sudah cukup besar. Dan diharapkan pengusulan CPNS bisa mengakomodir tenaga honorer K2 yang ada. Alasan lainnya yakni karena beban belanja pegawai sudah diatas 50 persen dari APBD.
"Kami menilai pertimbangan-pertimbangan tersebut tidak terlalu objektif. Harusnya KemenPan juga mempertimbangkan Kota Palu sebagai Ibu Kota Provinsi memang tidak bisa disamakan dengan kabupaten lain. Pusat aktivitas pendidikan dan kesehatan terjadi di Kota Palu. Jadi wajar saja jika Kota Palu masih membutuhkan tenaga pengajar dan kesehatan," terangnya.
Meski KemenPan menolak usulan formasi umum yang disampaikan oleh BKD Kota Palu, dengan berbagai alasan, namun kata Rifani pihaknya tetap mengupayakan, testing CPNS formasi umum dapat dilaksanakan di Kota Palu.
Rifani, mengungkapkan BKD tetap kembali menyampaikan usulan CPNS formasi umum ke KemPan RB. "Kota Palu masih sangat membutuhkan tenaga guru produktif khususnya yang mengajarkan life skill untuk sekolah-sekolah kejuruan yang ada. Demikian juga tenaga perawat dan tenaga medis lainnya. Usulan formasi umum tetap kami sampaikan kembali. Kami masih menunggu jawaban pemerintah pusat, sebelum pelaksanaan testing pada September mendatang dilaksanakan," tukasnya.(ima)
Edisi Radar Sulteng
  • Minggu, 31 Agustus 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.