Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Utama
Rabu, 17 Juli 2013

Penerbangan Malam Tertunda

Sebagian Dialihkan ke Makassar

PALU - Cuaca buruk yang terjadi di Kota Palu beberapa hari terakhir sangat mengganggu penerbangan khususnya penerbangan malam.Akibat cuaca buruk itu, beberapa penerbangan malam langsung Jakarta-Palu terpaksa dialihkan ke bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Kepala Bandara Mutiara Palu, Herson, SH, dikonfirmasi via telepon, kemarin (16/7) mengatakan, beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Kota Palu dan sekitar Donggala cukup tinggi, sehingga petugas di tower pengawas Bandara Mutiara menyampaikan ke maskapai untuk tidak melakukan penerbangan dan menunggu cuaca normal baru bisa melanjutkan penerbangan ke Palu. "Beberapa malam lalu, termasuk kemarin malam (Selasa 16 Juli, red) cuaca masih sangat buruk. Di bagian Donggala yang merupakan pintu masuk pesawat terdapat gumpalan  awan tebal, sehingga jarak pandang pesawat tidak pada batas normal, sehingga petugas tower bandara memutuskan untuk menunda penerbangan," jelasnya.
Beberapa malam terakhir, ujar Herson, penerbangan langsung dari Jakarta ke Palu terpaksa dialihkan ke Bandara Makassar dan diarahkan juga bisa ke Bandara Balikpapan karena cuaca di sekitar Donggala dan Palu tidak memungkinkan. "Karena cuaca buruk ada beberapa penerbangan tertunda masuk ke Palu, bahkan ada jam tiga subuh baru masuk ke Bandara Mutiara Palu," katanya.
Menurut Herson, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan untuk keselamatan penerbangan, pihaknya tidak mau ambil risiko karena kondisi Palu dikelilingi pegunungan, bisa-bisa jika pandangan di luar batas normal malah menabrak gunung. "Sebenarnya sesuai jadwal Bandara Mutiara tutupnya pukul 22.00 atau jam 10 malam, demi keamanan penerbangan sampai subuh atau pagi kami tetap buka," ucapnya.
Ditambahkannya, dengan tertundanya jadwal penerbangan akibat cuaca yang kadang kurang memungkinkan, diharapkan pengertian penumpang pesawat demi keselamatan penerbangan. "Saya terus menyampaikan ke petugas pemantau tower penerbangan untuk lebih teliti dan lebih maksimal melakukan pemantauan cuaca untuk keamanan penerbangan," tukas Herson. (ron)
Edisi Radar Sulteng
  • Minggu, 21 Desember 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.