Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Rubrik Utama
Selasa, 2 April 2013

627 Honorer K2 Sulteng Lulus Validasi

Siap Diuji Publik

PALU – Tenaga honorer kategori II (K2) provinsi Sulawesi Tengah kini bisa berlega hati. Pasalnya, setelah menunggu cukup lama hasil validasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), hari ini daftar nama tersebut resmi diumumkan (selengkapnya baca di hal13-14). Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Tengah, Drs Moh Hidayat Lamakarate MSi, ditemui kemarin (1/4) mengungkapkan nama-nama tersebut diputuskan untuk diumumkan melalui media sebagai bahan bagi masyarakat untuk melakukan uji publik. “Hasil rapat kemarin (belum lama ini.red) menyebutkan pengumuman tersebut harus disampaikan melalui media, selama 21 hari menunggu tanggapan kemudian akan dilakukan pengujian publik,”katanya. Uji publik sebagaimana juga akan dilakukan di semua kabupaten/kota di Sulawesi Tengah untuk mengecek kebenaran dari tenaga-tenaga honorer tersebut. “Apakah benar dia mengabdi terhitung 2005 sesuai dengan ketentuan PP 48 itu, atau tidak,”tambahnya lagi.
 
Dari uji publik tersebut, katanya kemudian, maka BKN kembali akan melakukan verifikasi selama 25 hari dan selanjutnya dari hasil tersebut akan dites pada Juni mendatang. Sehingga sejauh ini kepastian pelaksanaan tes pada pertengahan tahun mendatang masih belum bergeser. “Akan dilakukan verifikasi kembali karena bisa saja ada honorer yang tidak terdeteksi benar, bisa jadi ada dalam pendaftaran tetapi tidak memenuhi syarat-syarat lainnya,”tandasnya.
Nantinya, nomor urut didaftar pengumuman yang diumumkan hari ini akan menjadi nomor tes yang akan digunakan pada pelaksanaan tes Juni nanti.
 
Setelah 21 hari masa tanggapan yang diberikan pihaknya akan menyurat ke SKPD untuk meminta sejumlah informasi yang dibutuhkan. Mantan kepala dinas kebersihan dan pertamanan Kota Palu ini, menyebutkan surat kepada SKPD nantinya akan mengkonfirmasi terkait tugas-tugas tenaga honorer yang bersangkutan.  “Misalnya dia pengemudi atau pekerjaan lainnya, akan disesuaikan dan itu akan berkaitan dengan ujiannya nanti, akan disesuaikan dengan bidang tugasnya,”pungkasnya.
Pihak BKD Sulteng belum merinci detail data dari 627 tenaga honorer lolos validasi tersebut. Namun dipastikan bahwa nama-nama tersebut juga akan dikirimkan kepada intansi terkait dimana honorer tersebut melaksanakan pengabdiannya. Jumlah tenaga honorer K2 Sulteng pada validasi kali ini tidak berubah dari hasil daftar yang diajukan sebelumnya.
 
Sementara honorer K2 Pemkot Palu juga akan diumumkan dalam waktu dekat. Kepastian ini diungkapkan Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palu, Moh Rifani Ssos MSi bahwa, pihaknya  akan segera mengumumkan listing nama-nama tenaga honorer yang masuk dalam kategori dua (K2) atau tenaga honorer yang mengabdi namum tidak dibiayai oleh APBN ataupun APBD.
  Listing nama-nama tenaga honorer K2 tersebut sudah diterima BKD Kota Palu dan memungkinkan untuk segera diumumkan. Dengan demikian kata Rifani, semua tenaga honorer bisa segera melihat namanya di pengumuman nantinya. “Yang jelas minggu ini segera kami umumkan listing nama-namanya. Dan setelah diumumkan maka sesuai dengan ketentuan maka diuji publikkan sesuai ketentuan dari Kemenpan selama 21 hari kerja,”katanya kepada Radar Sulteng, kemarin (1/4).
  Soal jumlah listing nama-nama tenaga honorer K2 yang akan diumumkan tersebut, Rifani belum menyebutkan karena untuk lebih jelasnya silakan dilihat saja di pengumuman yang akan segera disampaikan BKD Kota Palu dalam minggu ini. Nantinya setelah 21 hari diuji publikkan selesai maka semua nama nama kembali disampaikan ke pusat untuk segera mengikuti tes CPNS yang rencananya dilaksanakan antara bulan Juni atau Juli 2013. Karena mekanisme yang saat ini dilaksanakan berdasarkan petunjuk dari Kemenpan.
  Hanya saja, Rifani mengatakan bahwa pengumuman nama-nama tenaga honorer K2 tersebut tidak merata di semua daerah karena hal tersebut adalah pertimbangan teknis. Akan tetapi secara keseluruhan untuk kota Palu sendiri sudah tidak ada kendala lagi dan diharapkan dalam minggu ini segera diumumkan nama-namanya agar bisa segera diketahui publik secara terbuka dan transparan.(nhr/suf)
Edisi Radar Sulteng
  • Kamis, 28 Agustus 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.