Newsticker : Home | Guestbook | Arsip
Berita Mingguan Siswa Menulis
Selasa, 2 Oktober 2012

Tingkatkan Kreativitas dan Belajar Siswa

Gelaran PK2S ke-2 SMPN 1 Palu

PALU – Selama enam hari, sejak kemarin (1/10), SMPN 1 Palu melaksanakan Pekan Kreasi dan Kompetisi Siswa (PK2S) ke-2. Kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan di lokasi SMPN 1 Palu, kini mengambil tempat di atrium utama Mall Tatura Palu.
Banyak kreasi siswa dan juga hasil karya siswa yang ditampilkan, dengan tidak hanya menghadirkan siswa dari SMPN 1 Palu saja, akan tetapi juga menghadirkan sejumlah siswa dari sejumlah SD yang ada di Kota Palu.
Kegiatan PK2S tersebut menjadi sangat istimewa karena selain di hadiri para orang tua siswa, juga sejumlah pejabat penting juga terlihat hadir di antaranya kepala Dinas Pendidikan Daerah (Kadikda) Sulteng, H Abubakar Almahdali SE MSi, kepala Disdik Kota Palu, H Ardiansyah Lamasitudju SPd MSi, komite sekolah, mitra kerja juga terlihat hadir.Suasana Mall Tatura Palu terlihat sangat ramai karena banyaknya penampilan dari siswa. Penampilan siswa dari internal SMPN 1 Palu, cukup mengundang decak kagum penonton karena siswa yang tampil adalah siswa yang telah meraih prestasi dalam lomba seperti vokal grup, tarian dan kreasi seni lainnya. 
Sedangkan penampilan pdari SD juga tidak kalah serunya, Tari Pomonte, misalnya yang dibawakan oleh SDN 25 Palu diiringi oleh permainan alat musik tradisional yang dibawakan sendiri oleh siswa. Cukup banyak penampilan siswa yang dibawakan dalam PK2S tersebut dan kesemuanya merupakan hasil latihan siswa sehingga terlihat sangat baik di bawakan.
 Kepala SMPN 1 Palu, Hardi SPd MPd mengatakan bahwa tujuan utama PK2S yang tidak hanya diikuti oleh internal siswa SMPN 1 Palu, tetapi juga melibatkan sejumlah SD dan MI yang se kota Palu, adalah untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa.
Apresiasi siswa yang mengikuti kegiatan sangat tinggi terbukti dari PK2S pertama hingga kedua saat ini mendapat respons positif. “Terus terang saja kami sangat senang karena kegiatan yang kami laksanakan ini adalah bagian dari upaya kami untuk menggali potensi siswa. Sebab selama ini sangat banyak kelebihan positif yang dimiliki siswa baik dalam seni, budaya maupun akademik termasuk dalam bakat olahraga. Semuanya itu kami gali dalam kegiatan PK2S,”katanya.
Lanjut Hardi, inti kegiatan PK2S ini adalah untuk mengidentifikasi para siswa berprestasi di setiap SD dan MI seperti dalam bidang matematika, IPA, IPS, bahasa Inggris pendidikan agama Islam dan olahraga. Selain itu juga menumbuhkembangkan kemampuan siswa berpikir sistematis, kreatif dan inovatif sebagai bekal dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu juga memotivasi minat siswa untuk mencintai dan memupuk kegemaran terhadap pengembangan ilmu pengetahuan. Menanamkan sifat kompetitif yang sehat sejak dini untuk meraih prestasi dalam OSN, FLS2N, O2SN tingkat nasional dan internasional serta menanamkan kesadaran dan keberanian mencoba belajar menerapkan secara langsung dan sekaligus bisa berprestasi secara optimal.
 
Dalam lomba PK2S selain memberikan penghargaan jdan hadiah kepada para pemenang, juga memberikan penghargaan kepada guru pembimbing, dari sekolah pengirim sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan belajar dan kegiatan lainnya di sekolah.(suf)
Edisi Radar Sulteng
  • Kamis, 23 Oktober 2014
Search
Latest Guestbook
Copyright @ 2011 Media Link. All Rights Reserved.